Western and Javanis Steak Surabaya Restaurant
Bistik atau Steik
September 12, 2019
tenderloin
Manfaat Steak Daging Yang Jarang Diketahui
September 26, 2019
Show all

Sejarah Steak

Western and Javanis Steak Surabaya Restaurant

Western and Javanis Steak Surabaya Restaurant

Sejarah Steak

BISTIK atau steak seolah-olah Identik dengan negeri Paman Sam (AS) karena negara itu salah satu penghasil daging sapi yang berkualitas tinggi. Tidak heran Jika sederet Jenis daging sapi diimpor dari sana, seperti US t-bone steak, US beefribs, US tenderloin, US sirloin dan sebagainya.

Konon, awalnya tidak demikian. Daging sapi Itu Justru tidak populer sebagai bagian dari pilihan diet di AS sebelum perang sipil Sejarah daging sapi malah bukan dari AS. Justru yang memperkenalkan sapi ke dunia baru adalah bangsa Spanyol ke Meksiko pada tahun 1540.

Pada abad ke-18 kolonial bangsa Spanyol dan Prancis mulai memelihara sapi. Sebagaimana jalur kereta apl berkembang kala Itu, mereka memanfaatkan kereta untuk mengangkut kawanan sapi dari San Antonio. Texas ke New Orleans. Tetapi Industri Itu Jatuh akibat musim dingin yang dahsyat karena kawanan sapi lenyap hingga 90 persen.

Seiring perkembangan zaman kala Itu, produksi daging sapi kembali meningkat mulai tahun 1871. Bahkan setelah Perang Dunia II, daging sapi alias beef menjadi simbol kemakmuran bangsa AS.

Simbol Itu akhirnya menjadi tenar ke seluruh dunia sekaligus memberikan inspirasi kepada Juru masak. Akhirnya bistik berhasil menjadi menu andalan dapur.

Hingga kini bistik tidak asing bagi lidah semua orang di berbagai belahaan dunia. Di beberapa negara ada yang membuat perpaduan steak tersendiri berdasarkan kebiasaan mereka sehari-hari.

Masyarakat di Irlandia umumnya memiliki kebiasaan mencampurkan daging babi asap untuk steak dan memasaknya dengan rasa manis dan pedas. Resep Itu dikenal sebagai steak dan guinnes pie.

Di negara Asia resep bistik lebih pedas karena menggunakan banyak kecap dan lada. Sedangkan Australia disebut sebagai steak yang bentuknya mirip tas karena terbuat dari potongan daging sapi yang tebal dan empuk, lalu diisi dengan kerang tiram dan dibakar.

Kalau di negara Timur Tengah dikenal dengan sebutan kebab. Mereka membuatnya dengan cara alami atau menggunakan pemanggang listrik. Sedangkan di Paris bisa dikatakan resep yang paling enak dan orisinil dengan berbagai pengalaman dan keahlian dari beberapa orang yang memang doyan makan dan minum.

Lain lagi di Swiss yang menggunakan saus salsa untuk steak dan disajikan dengan sup jamur.

Di Perancis, steak biasanya disajikan dengan kentang goreng Perancis yang dikenal sebagai frites dan kombinasi disebut pula sebagai frites steak. Sayuran tidak biasanya disajikan dengan steak seperti Itu. Tetapi, umumnya salad hijau banyak disajikan dalam waktu yang sama. Itu pun hanya sesekali saja.

Makan malam bistlk ala AS terdiri atas sepotong bistlk. dipadu dengan karbohidrat seperti kentang panggang, kentang goreng, atau pure kentang. Disertai sayuran jagung, bunds, kacang hijau, Jamur, asparagus. tomat, kacang polong, bawang bombay disebut onion ring.

Kombinasi lainnya, bistlk juga dihldang-kan bersama udang atau ekor lobster. Saat makan malam mereka Juga menghidang-kannya dengan roti gulung.

Sementara di Italia, steak tidak banyak dimakan sampai setelah Perang Dunia II karena kondisi pada saat Itu tidak memungkinkan. Saat Ini di negara itu, seperti di daerah Pledmont dan Tuscany terkenal dengan kualitas daging sapinya.

DI Balkan, membuat steak dengan cara melumurinya dengan mustard dan merica. lalu direndam didalam cuka dan minyak sayur selama seminggu. Kemudian digoreng dengan mentega. Bistlk Itu disantap dengan sepotong roti panggang yang atasnya ada telur goreng dan petersen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Pesan
1
Pesan Online
Hallo Kak!!
Bingung mau pesan apa?
cek https://steaksurabaya.com/sejarah-steak untuk dapetin list makanan yang pasti enak dari kita yukk!!
Powered by